Blended Learning

  • 07:14 WITA
  • Administrator
  • Artikel

Selamat datang pada situs "BLASIU’ Model of Teaching and Learning.  Halaman ini merupakan tempat untuk berinteraksi antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa, serta dosen, mahasiswa, dengan sumber belajar. 
Sering terjadi, perkuliahan tidak dapat berlangsung tanpa kehadiran dosen dalam ruang kelas. Perkuliahan seperti ini disebut perkuliahan tatap muka (Face To Face Meeting). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), perkuliahan seharusnya tidak lagi mengandalkan kekuatan face to face (F2F) yang terpusat pada dosen, tetapi juga harus diarahkan pada pemanfaatan teknologi sebagai sumber belajar. Perkuliahan yang memadukan antara kedua sumber tersebut disebut dengan blended learning.  
Dalam setting pembelajaran jarak jauh, perkuliahan sering dilakukan secara online saja baik dengan menggunakan model asingkonus (mengandalkan website) maupun yang dilakukan secara singkronus (melalui telekonferens/live). Namun demikian, untuk situasi di indonesia secara umum, sistem pembelajaran online masih mengalami kendala konektivitas peralatan/internet yang terbatas. Itulah sebabnya, pembelajaran blended sangat dibutuhkan.
Penggunaan pembelajaran blended merupakan tuntutan agar pelaksanaan pembelajaran dapat tetap terjaga walaupun tidak dilakukan di dalam ruang kelas karena hari libur, faktor kesibukan, atau alasan sakit dan sebagainya. Di sini rancangan pembelajaran sangat menentukan untuk membagi pada saat mana pembelajaran dapat dilakukan secara f2f, blended, atau online saja.

http://blasiuy.blogspot.co.id/2017/10/welcome-to-blasiu.html